Jalur Selatan akan Jadi Jalan Nasional

Bandung, CyberNews. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan jika tidak ada aral melintang keberadaan rentang jalan di wilayah selatan Jabar menjadi beban pemerintah pusat dan tidak lagi menjadi tanggungan pemerintah daerah.

Menurut Ahmad Heryawan di Bandung, Rabu, jalan itu membentang sepanjang 257 km dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi hingga Pangandaran, Ciamis. Diharapkan, jalan tersebut dapat menggairahkan beragam potensi termasuk kegiatan perekonomian wilayah tersebut.

“Jalur jalan di Jabar selatan sendiri pada saat ini tengah ditelusuri oleh Dinas Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum. Kegiatan ini dalam rangka penelitian untuk mengalihstatuskan jalan Jabar selatan menjadi jalan nasional,” tandasnya.

Heryawan juga mengungkapkan bahwa pihaknya selama tahun 2009 akan membangun dan melakukan perbaikan atas kondisi jalan-jalan penghubung agar jalan di Jabar selatan itu berfungsi optimal. Dengan demikian, akses-akses menuju kawasan Bandung, Garut, Cianjur, dan Sukabumi dapat mudah dicapai.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mendahulukan kesiapan infrastruktur di kawasan perbatasan antara Jabar dengan provinsi lain. Saat ini, kerjasama yang sudah dilakukan adalah dengan Pemprov Banten. Kerjasama serupa sebelumnya adalah dengan Provinsi DKI Jakarta.

Pangadaran yang berada di ujung timur Jabar dapat menjadi penghubung akses jalan dari Cilacap, Jateng. “Perbatasan kita dahulukan, infrastrukturnya kita naikan,” tandas Ahmad Heryawan.

dari milis cah_delanggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: